by

MPHS BKPN Disambut Dengan Adat Di Jemaat Hilinawalo Fau

Nias Selatan, Nias PostMajelis Pekerja Harian Sinode (MPHS) BKPN disambut dengan adat saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Jemaat BKPN Hilinawalo Fau, di halaman Rumah Adat Besar Desa Hilinawalo Fau, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Minggu (06/9/2020)

Penyambutan yang dilakukan warga Jemaat BKPN Hilinawalo Fau sangat unik yakni diawali dengan pengalungan bunga kepada Ephorus, Pdt. Dr. Foluaha Bidaya, M.Th., Sekjen, Pdt. Yudika Wau, M.Th., dan Bendum, Pdt. Bowozifaulu Laia, S.Th. Berikutnya pemberian sekapur sirih kepada MPHS sebagai pimpinan tertinggi di BKPN. Pemberian sekapur sirih itu merupakan kearifan lokal yang terus dilestarikan secara turun temurun.

Seusai acara penyambutan, MPHS didampingi MPS, MPLS dan rombongan beribadah bersama di gereja BKPN Hilinawalo Fau. Dengan pengkhotbah, Pdt. Bowozifaulu Laia, S.Th., dan liturgos, Vikar Anita Gaho,S.Th. Renungan yang disampaikan sangat menarik perhatian pendengar karena mengajarkan dan memotivasi warga jemaat tentang doa dan pengampunan. Sumber renungan dari injil Matius 6 : 9-14.

“Ia menjelaskan, bila seseorang berdoa tetapi tidak mengampuni kesalahan orang lain, maka doanya tidak akan mungkin dikabulkan oleh Tuhan. Karena doa erat hubungannya dengan pengampunan. Dan pengampunan memiliki hubungan dengan kasih, kesabaran, kebaikan, dan kelemah lembutan. Sebab, firman Tuhan mengajarkan kita demikian: Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga (Matius 6:14),” ujar Pdt. Bowozifaulu Laia.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Organisasi Sinode BKPN, Guru Jemaat Evangelis, Anarota Gaho, BA, dalam sambutannya mengapresiasi warga jemaat BKPN Hilinawalo Fau yang begitu semangat dalam beribadah kepada Tuhan yang dibuktikan dengan persembahan pujian berupa koor dan vokal grup. Namun Ia menghimbau kepada warga jemaat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak untuk menghindari pandemi Covid-19.
Sementara Ephorus BKPN, Pdt. Dr. Foluaha Bidaya, M.Th, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat baik diberikan oleh Jemaat BKPN Hilinawalo Fau.

Kemudian Ephorus memaparkan beberapa program kerja dan pelayanan yang dicanangkan untuk masa pelayanan 2020-2025. Salah satu diantaranya peningkatan kesejahteraan para pendeta mulai tingkat sinode sampai ke tingkat jemaat.

“Dalam mewujudkan program tersebut mempunyai banyak kendala, sehingga salah satu solusi untuk menanggulangi kendala itu kami telah menyepakati dalam rapat MPHS, MPS dan MPLS BKPN untuk mendorong seluruh warga jemaat kiranya dapat menyumbangkan minimal koin seribu rupiah pada saat beribadah setiap  minggu. Lalu dikumpulkan dalam kotak persembahan, dan diserahkan di kantor Sinode untuk memenuhi kebutuhan para pelayan guna mengoptimalkan pelayanan di BKPN,” papar Pdt. Foluaha Bidaya.

Selain itu, Ephorus juga menghimbau kepada warga jemaat untuk mewaspadai situasi pandemi Covid-19. “Kami menghimbau kita kembali membangkitkan semangat jaringan doa yang sungguh-sungguh untuk dilakukan secara bersama dengan inti doa memohon belaskasihan Tuhan agar pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga bisa beribadah dan bekerja dengan normal serta ekonomi jemaat bisa pulih dengan baik,” imbau Foluaha Bidaya.

Program kerja dan pelayanan yang dipaparkan Ephorus  direspon baik oleh Jemaat BKPN Hilinawalo Fau sebagaimana disampaikan SMK. Hasanotona Laia. Pihaknya menyatakan siap mendukung dan melaksanakan program MPHS yang baru untuk pengembangan dan pertumbuhan BKPN menjadi lebih baik. Mengakhiri sambutannya mewakili MPHJ, MPJ dan Jemaat mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja MPHS yang sudah diurapi menjadi pimpinan Sinode BKPN periode 2020-2025. Serta menyampaikan atas nama Jemaat BPKN Hilinawalo Fau memohon maaf bila ada kekurangan dan kelemahan dalam penyambutan pimpinan Sinode.
Pada kunjungan kerja MPHS Minggu pertama September 2020 ini dihadiri oleh Pendeta Resor BKPN Hilinawalo Fau, Natanaeli Laowo, S.Th., MPHJ dan se-Resor BKPN Hilinawalo Fau, antara lain Guru Jemaat BKPN Hiliamaigila Bawogosali, Guru Jemaat BKPN Hilinawalo Fau dan Penjabat Guru Jemaat BKPN Onohondro, serta tokoh-tokoh jemaat BKPN Hilinawalo Fau.

Penulis : Mesiana Bu’ulolo
Editor : Pidar

Comment

News Feed