by

Penasihat Hukum Advokat D. Kadar Dakhi S.H.,M.H. Mendapingin Terdakwa Ambrin Zirahu Dengan Putusan Bebas Murni

Nias Selatan, Nias Post Berdasarkan Perkara Pidana Nomor 144/Pid.B/2020/PN.Gst dengan terdakwa atas nama Ambrin Zirahu, Senin 28/9/2020, diputus oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli dengan Putusan Bebas.

Dari hasil wawancara awak Nias Post, dari salah seorang TIM Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) EUNICE TOMOSAEL, M. Yunus Laia, S.H. diperoleh informasi bahwa kasus ini berawal dari keributan yang terjadi di Dermaga Logpond di PT. Teluk Nauli di Desa Reke Kecamatan Pulau-Pulau Batu Barat, Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Ambrin Zirahu dilaporkan sebagai pelaku tindak pidana sesuai dengan Laporan Polisi Nomor LP/04/IV/2020/SU/Res-Nisel/Sek.Pulau-Pulau Batu pada tanggal 25 April 2020, pelapor dengan inisial TWS, salah seorang personil Polisi di Polsek Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan.

Selanjutnya, atas persangkaan tersebut, Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksanaan Negeri Nias Selatan menyatakan bahwa berkas yang dilimpahkan oleh Penyidik Polri sudah lengkap, yang kemudian dibuatlah surat dakwaan untuk selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Gunungsitoli.

Dalam dakwaannya, JPU mendakwa Ambrin Zirahu dengan dakwaan pertama melanggar Pasal 170 ayat (1) KUHP, dakwan kedua melanggar Pasal 351 ayat (1) KUHP Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP, dakwaan ketiga melanggar Pasal 212 ayat (1) KUHP Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Gunungsitoli dengan Majelis Hakim yang diketuai oleh Agus Komarudin, S.H. Majelis Hakim dalam pertimbangan hukumnya menyatakan dengan tegas bahwa dakwaan JPU tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sehingga Majelis Hakim dalam Putusannya membebaskan terdakwa Ambrin Zirahu dari segala tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Pada hari yang sama, awak media mencoba mewawancarai penasihat hukum terdakwa yakni Advokat D. Kadar Dakhi, S.H.,M.H. untuk meminta tanggapannya. Beliau dengan didampingi oleh beberapa anggota TIM Hukum antara lain M. Yunus Laia, S.H., Aliranhati Halawa, S.H., Paulus R. Halawa, S.H. memberikan penjelasan bahwa majelis hakim dalam perkara pidana nomor 144/Pid.B/2020/PN.Gst telah memberikan pertimbangan hukum yang tepat sehingga kliennya sangat berdasar hukum untuk dibebaskan. (BZ.Halawa)

Comment

News Feed